Sejarah Bola Basket

Sejarah mencatat tahun 1891 bola basket baru terlahir kemudian bola basket oleh seorang dokter dan guru jasmani yaitu Dr. James Naismith adalah penemu permainan bola basket pertama sebelum akhirnya di buat dan di publikasi tiga tahun kemudian.

Bola basket pertama dibuat tahun 1893, Jauh sebelum permainan bola basket ditemukan, mantan pemain baseball profesional bernama Albert Goodwill Spalding mendirikan perusahaan dan toko pendukung olahraga baseball, A.G Spalding & Brothers pada tahun 1876.

Selain membuat bola baseball, perusahaan ini berhasil membuat sarung tangan baseball pertama pada tahun 1877 dan membuat bola American Football pertama di tahun 1887. Kemudian pada tahun 1894, Naismith meminta A.G. Spalding untuk membuat bola basket pertamanya. Setelah berhasil dibuat, Naismith menambahkan dalam peraturan bola basket bahwa bola buatan A.G. Spalding & Bros. adalah bola resmi untuk permainan basket.

Pada tahun 1972, A.G. Splading & Bros. memperkenalkan bola basket dengan bahan kulit sintetis. Saat NBA memasuki puncak kejayaannya di era 80-an, Spalding dijadikan bola resmi pada tahun 1983. NBA sebelumnya memakai Wilson untuk bertanding.

Permainan bola basket di perkenalkan di asia yaitu Cina menjadi salah satu sasaran pengembangan olahraga basket oleh YMCA. Diutuslah Bob Baily ke Tientsien tahun 1894 untuk memperkenalkan olahraga baru ini. Sejak saat itu, Cina mulai memainkan olahraga ini. Selain Cina, negara Asia lain yang dijamah permainan basket untuk kesempatan pertama adalah Jepang pada tahun 1900 dan Filipina pada tahun yang sama 1900.

Bola basket masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an, gelombang perantau-perantau dari Cina masuk ke Indonesia. Mereka pun membawa permainan basket yang sudah dua puluh tahun kemudian dan dikembangkan di sana. Para perantau itu membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sekolah Tionghoa. dan akhirnya, olahraga bola basket cepat berkembang di sekolah-sekolah Tionghoa.

Di sekolah-sekolah Tionghoa bola basket menjadi salah satu olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa. Tidak heran jika di setiap sekolah selalu ada lapangan basket. Tidak heran pula jika pebasket-pebasket yang menonjol penampilannya berasal dari kalangan ini.

Pada era 1930-an perkumpulan-perkumpulan basket mulai terbentuk. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Medan; menjadi sentral berdirinya perkumpulan basket ini,

Seperti itulah sejarah singkat olahraga bola basket ada dan berkembang di Indonesia.

Author: admin

Tinggalkan Balasan