Queen Cake Hadir dengan Nama Android 10, Apa Saja yang Baru?

Pada akhirnya Google merilis versi OS yang baru yaitu android 10 pada versi public stable yang dapat digunakan pada perangkat yang mendukung. Pada awalnya varian android terbaru tersebut dispekulasikan memiliki nama Queen Cake atau Quince Tart.

Akan tetapi Google berubah pikiran dan merilis nama android versi terbaru dengan nama angka saja. Lantas, pada varian terbaru OS android ini apa saja fitur baru yang dihadirkan? Berikut ulasannya untuk Anda tentang berbagai hal baru yang bisa ditemukan pada Queen Cake atau Quince Tart yang pada akhirnya hadir dengan nama android 10. Lets check these out!

Fitur Baru pada Android 10 yang Baru Dirilis Google 

Fitur sorotan pada android 10

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan versi android Q Beta 6, maka Anda hanya perlu mengunduh perbaruan OS android 10 sebesar 5,4 MB saja. Akan tetapi jika Anda mengonversi android 10 dari android 9.0 Pie versi stable, maka pembaruan OS android 10 besar kemungkinan sejumlah 1 GB. 

Dari update di Settingsnya, Google meletakkan sebanyak 4 poin yang menjadi sorotan pada update android 10 diantaranya : 

  • Dark theme
  • Navigasi gesture
  • Optimasi lokasi dan privasi
  • Quick actions

Sama seperti biasa, Google dengan penerapan partisi A/B pada versi android ini menciptakan suatu transisi pembaruan OS yang super smooth dan tanpa perlu masuk ke bagian recovery lagi. 

Masih belum konsistennya bagian dark theme

Jangankan untuk aplikasi pihak ketiga yang dark themenya belum konsisten, aplikasi besutan Google pun masih belum konsisten menerapkan konsep dark theme pada peluncuran android 10 yang seharusnya sudah dipersiapkan dengan sangat matang. 

Gmail, Google Play, Google app, dan juga Google Maps belum memiliki mode gelap pada versi android terbaru ini. Memang android 10 memiliki fitur force dark yang akan memaksa tampilan antarmuka aplikasi supaya berubah menjadi lebih gelap namun penerapan ini pun masih cenderung buggy. 

Gesture navigasi android 10 sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi

Android 10 merupakan versi android yang menghadirkan opsi navigasi berkelas yang berbasis gesture sebagai alternatif 3 tombol konvensional dan pill navigation yang telah diperkenalkan pada versi android 9.0 Pie. 

Pada versi ini, animasi yang smooth ketika bermultitasking akan dirasakan ketika Anda melakukan perpindahan atau transisi dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain, juga ketika Anda berpindah ke bagian homescreennya. 

Namun tingkat kestabilan navigasi gestur ini masih kurang karena beberapa masih mengalami bug ketika sedang bermultitasking. Namun tenang saja karena navigasi gesture bukan satu – satunya pilihan mengingat Anda masih bisa menggunakan tombol navigasi android 9.0 Pie atau konversi versi konvensional dengan hadirnya 3 tombol pada versi OS terbaru besutan Google ini. 

Optimasi privasi dan lokasi yang lebih ringkas dalam 1 segmen

Pada bagian settings atau pengaturan, android 10 menggabungkan semua setelan yang ada kaitannya dengan pengaturan app permission atau privasi menuju ke segmen yang sekarang disebut Privacy. Pada bagian ini, Anda dapat mengatur berbagai macam setelan. 

Quick actions yang menerapkan AI lebih praktis

Fitur berbasis AI dihadirkan oleh Google pada android 10 dalam bentuk quick actions yang merupakan salah satu penerapan yang bisa ditemukan pada Gmail. Kurang lebih seperti halnya predictive text yang dapat membaca konteks suatu kalimat, memprediksi dari pola kata yang biasa dimanfaatkan juga hadir dalam OS versi terbaru. 

Versi ini sudah membawa banyak fitur yang dapat dieksplorasi walau punya sedikit saja kekurangan didalamnya. Namun overall, android 10 sudah hadir dengan berbagai upaya peningkatan fitur yang diupayakan Google untuk pengguna. 

Author: admin

Tinggalkan Balasan