Perkembangan Micro Blogging Twitter, Plurk dan Mastodon

Perkembangan 3 jejaring sosial micro blogging antara Twitter Vs Plurk dan Mastodon, kenapa disebut microblogging atau mikroblog dalam bahasa indonesia, secara garis besarnya pembaruan kata yang kurang dari 200 karakter yang terdiri dari huruf, angka, simbol tanda baca dan spasi. saya sebutkan satu persatu dari yang mulai populer yang pertama.

Twitter

Siapa yang belum tahu atau belum punya akun sosmed yang berkicau ini,,, ? pastinya udah pada tahu dan sudah punya. sosial media mikroblog yang di luncurkan tahun 2006, jika sampai tahun 2019 usia twitter sudah mau ke 13 tahun. Untuk pesan teks dulunya hanya membatasi 140 karakter untuk sekali posting namun kemudian pada Selasa, 7 November 2017 informasi update di blog twitter bahwa untuk posting 280 karakter diluncurkan.

Informasi yang di dapat dari blog twitter bahwa persentasenya lebih banyak yang memposting 140 karakter dibandingkan 280 karater. Untuk fitur format file gif dan video di luncurkan 2015 akhir dan di sempurnakan pada januari 2016.

Plurk

Sosial microblog asal taiwan ini di luncurkan tahun 2008 sampai tahun 2019 ini usianya kurang lebih 11 tahun, dengan twitter selisih usia kurang lebih 2 tahun. Dan yang merupakan pengguna terbesarnya adalah dari negara taiwan. fitur untuk memposting awalnya 140 karakter kemudian di tingkatkan menjadi 360 karakter pada 28 desember 2016. dan beberapa fitur seperti memposting image.

Mastodon

ini dia sosial microblog yang menerapkan federasi dan disentralisasi, sumber kode nya terbuka anda bisa download di github bagi yang ingin membuat sosial microblog baik personal maupun komunitas. Usia mastodon.social tetbilang masih muda yaitu 5 oktober 2016, berarti sampai tahun 2019 ini kurang lebih baru 2 tahun, tapi member atau penggunanya udah lumayan banyak. Untuk kelebihannya memposting file teks bisa sampai 500 karakter, ini merupakan terobosan baru sosial media microblog yang batasan pesan teksnya mencapai 500 karakter.

Kesimpulannya: Dari tiga sosial microblog yang saya sebutkan tadi, jika di lihat dari bagian interface atau tampilan dan menu dari sisi pengguna, Twitter dan Mastodon memiliki kemiripan, kemugkinan mastodon social terinspirasi dari twitter. kemudian untuk plurk memang beda dan memilki keunikan emoticon gambaran perasaan seperti facebook sekarang, jadi yang akan menjadi pesaing berat dari twitter di masa depan adalah plurk walaupun penggunanya masih banyak twitter untuk saat ini tapi plurk akan menjadi bom waktu yang akan menggeser twitter.

Author: admin

Tinggalkan Balasan