Makanan Khas Bali, Jasinga Punya Makanan Khas Apa?

Siapa yang tidak kenal Kepulauan Bali, yang sangat banyak wisatan lokal maupun mancanegara. selain banyak tempat wisata Kepulauan bali memiliki ciri khas makanan.

Saat di Bali saya sempatkan untuk mencoba beberapa makanan khas bali, seperti sate lilit, ayam betutu dan mungkin masih ada lagi selain yang saya temui.

  1. Sate Lilit, Ikan atau Ayam yang dililit dengan batang serai ada juga yang pakai bambu dengan khas campur parutan kelapa.
  2. Lawar atau Nasi Liweut, semua orang sudah ga asing nasi yang ditanak menggunakan rempah-rempah.
  3. Ayam Betutu, ini khas banget dengan ayam yang berwarna kuning di taburi cabai yang banyak.
  4. Rujak Kuah Pindang, rujak beraneka buah tapi tidak seperti biasanya karena kuah kaldu ikan yang membuatnya berbeda.

Dari empat makanan khas Bali mungkin ada beberapa kesamaan dengan makanan khas Jasinga namun berbeda penamaan atau istilah.

  1. Nasi Lawar ini hampir sama dengan Nasi Liweut di Jasinga juga ada.
  2. Cobek Oncom, Oncom atau kacang yang di permentasi kemudian di bakar atau di sangrai yang diberi kuah trasi membuat rasa yang khas.
  3. Ayam Bekakak, Jika di Bali ada ayam Betutu di Jasinga ada ayam Bekakak, ayam yang di bakar dengan bara api tentunya dengan dilumuri bumbu rempah-rempah yang tercipta khasnya.
  4. Ikan Rebus Kuah Asam Pedas, jika di bandingkan dengan Rujak Kuah Pindang, mungkin memiliki khas kelebihan masing-masing.

Mungkin itu saja ceritanya tentang makanan, jika ada saran dan tambahan silahkan komen. Jika ada banyak kekurangan harap saya mohon maaf. Sampai ketemu deui…..

Author: admin

Tinggalkan Balasan