Kesuksesan Andreessen Horowitz dan Simbol a16z.com

Andreessen Horowitz adalah perusahaan modal ventura swasta Amerika atau dengan nama resmi perusahaan AH Capital Management, LLC juga biasa disebut a16z yang didirikan pada 2009 oleh Marc Andreessen dan Ben Horowitz .

Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park , California. Andreessen Horowitz dikenal dengan sebutan nama domain a16z.com yang merupakan simbol dari dua nama Marc Andreessen dan Ben Horowitz.

Simbol a16z Andreessen Horowitz diambil dari nama belakang jika di singkat menjadi AZ kemudian angka 16 diambil dari Andreessen Horowitz yang kemudian di hilangkan huruf double dari E dan S sehingga menjadi a16z.com

Andreessen Horowitz berinvestasi di kedua tahap awal start-up , yang dapat mengumpulkan hanya $ 50.000, dan perusahaan-perusahaan pertumbuhan yang mapan, yang seringkali mengumpulkan puluhan juta dolar. Investasinya mencakup industri seluler, game, sosial, e-commerce , pendidikan, dan TI perusahaan (termasuk komputasi awan , keamanan, dan perangkat lunak sebagai layanan ).

Antara 2006 dan 2010, Andreessen dan Horowitz aktif berinvestasi di perusahaan teknologi. Secara terpisah, dan bersama-sama, mereka menginvestasikan $ 80 juta dalam 45 start-up termasuk Twitter . Selama ini, keduanya dikenal sebagai investor super malaikat .

Pada 6 Juli 2009, Andreessen dan Horowitz meluncurkan dana modal ventura mereka dengan kapitalisasi awal sebesar $ 300 juta. Pada November 2010, perusahaan mengumpulkan $ 650 juta lagi untuk dana ventura kedua, pada saat bidang kapitalisme ventura mengalami kontraksi. Dalam waktu kurang dari dua tahun, perusahaan itu mengelola total $ 1,2 miliar di bawah kedua dana tersebut.

Pada Mei 2011, Andreessen Horowitz mendapat peringkat sebagai perusahaan modal ventura nomor 1 oleh Investor Rank, berdasarkan jaringan perusahaan dan tingkat sindikasi dengan perusahaan ventura lainnya. Andreessen peringkat nomor 10 pada Daftar Investor Teratas Teknologi Forbes Midas 2011, sementara ia dan Horowitz peringkat nomor 6 pada Daftar Pendirian Baru 2011 Vanity Fair, dan nomor 1 pada 2011 investor paling berpengaruh di daftar CNET 2011 .

Pada tanggal 27 Maret 2014, perusahaan mengelola aset $ 4 miliar setelah penutupan dana keempat pada $ 1,5 miliar. Selain Andreessen dan Horowitz, mitra umum perusahaan termasuk John O’Farrell , Scott Weiss , Jeff Jordan , Peter Levine , Chris Dixon , Vijay Pande , Alex Rampell, Martin Casado dan Andrew Chen. Pada bulan Maret 2019, dilaporkan bahwa Andreessen Horowitz membuka kantor di San Francisco.

Pada tahun 2009, Andreessen Horowitz melakukan dua investasi pertamanya: satu di manajemen bisnis pengembang SaaS Apptio, dan yang lainnya di saham Skype . Investasi ini dipandang berisiko karena banyak yang percaya Skype akan dilumpuhkan oleh litigasi kekayaan intelektual (diprakarsai oleh pendiri Skype) dan serangan kompetitif langsung dari Google dan Apple . “Ketika kami membeli perusahaan dari eBay , banyak yang berpikir bahwa Skype, seperti banyak perusahaan teknologi yang diakuisisi, telah kehilangan bakat teknisnya,” kata Horowitz kepada The Wall Street Journal . “Melalui penelitian kami, kami menemukan bahwa Skype memiliki sekelompok insinyur inti yang sepenuhnya berdedikasi untuk misi tersebut. Mereka tetap bertahan melalui akuisisi eBay dan sangat bertekad untuk menjadikan Skype perusahaan komunikasi masa depan.” Gambit terbayar ketika Skype dijual ke Microsoft pada Mei 2011 sebesar $ 8,5 miliar.

Pada 2010, Andreessen Horowitz menginvestasikan $ 10 juta di perusahaan cloud Okta saat memimpin Seri A Round-nya. Pada 2011, Andreessen Horowitz menginvestasikan $ 80 juta di Twitter, menjadi perusahaan ventura pertama yang memiliki saham di keempat perusahaan media sosial bernilai tinggi yang dimiliki swasta pada saat itu: Facebook , Groupon , Twitter , dan Zynga . Andreessen Horowitz juga berinvestasi di Airbnb , Lytro , Jawbone , Belly , Foursquare , Stripe , dan perusahaan teknologi tinggi lainnya.

Pada tahun 2012, Andreessen Horowitz berinvestasi di 156 perusahaan, termasuk 90 perusahaan dalam portofolionya, dan 66 perusahaan baru, melalui pendanaannya dari Y Combinator ‘s Start Fund. Mereka menginvestasikan $ 100 juta di GitHub , yang menjaring lebih dari $ 1 miliar untuk dana tersebut ketika GitHub diakuisisi oleh Microsoft sebesar $ 7,5 miliar. Pada 2013, Andreessen Horowitz berinvestasi di Clinkle , Coinbase , Databricks , Lyft , Oculus VR , PagerDuty , Pixlee, Ripple , Soylent , Soylent , Swiftypedan uBiome .

Pada tahun 2014, perusahaan ini memimpin putaran Seri B senilai $ 57 juta di startup pengujian A / B Optimizely , menginvestasikan $ 90 juta di perusahaan Tanium , menginvestasikan $ 50 juta di BuzzFeed , dan memimpin $ 11,1 juta Seri A round in startup berbasis jaringan Forward Networks. Pada 2015, perusahaan menginvestasikan $ 40 juta di Stack Exchange , $ 2,8 juta di Distelli , [39] $ 80 juta di perusahaan perangkat lunak CAD berbasis cloud Onshape , $ 57 juta di platform blogging Medium, $ 25 juta di Samsara, $ 20 juta di Improbable, $ 15 juta di Honor, Inc., $ 1 juta di startup blockchain OpenBazaar , dan $ 2 juta di nootropics dan perusahaan biohacking Nootrobox .

Pada 2016, perusahaan ini memimpin putaran Seri A senilai $ 8,1 juta di Everlaw, sebuah perusahaan teknologi hukum, dan memimpin putaran Seri Benih senilai $ 3,5 juta di RapidAPI, sebuah platform koneksi API untuk para pengembang. Perusahaan ini juga menginvestasikan $ 2 juta dalam Cardiogram, sebuah perusahaan kesehatan digital. Perusahaan ini juga berinvestasi dalam bisnis ilmu makanan Apeel Sciences pada 2016. Pada tahun 2017, perusahaan berinvestasi di Sigma, Health IQ, Asimov, dan Cadre . Pada 2018, perusahaan mengumpulkan $ 300 juta untuk dana cryptocurrency khusus. Perusahaan berinvestasi di Imply, Smartcar, PeerStreet, CryptoKitties, Dfinity , Earnin, Pindrop, Tenfold, dan Very Good Security.

Author: admin

Tinggalkan Balasan