KADES Se-Kec. Jasinga Lengser Sebelum Masa Jabatan, PERBUP Kab. Bogor

Rapat Kepala desa dan ketua (Badan Permusyawaratan Deda) BPD se-Kecamatan Jasinga tentang Persiapan Pilkades serentak dan laporan akhir masa jabatan Kades yang akan dilaksanakan di Kecamatan Jasinga.

Rapat persiapan itu dipimpin langsung oleh Camat Jasinga Drs. Asep Aer Sukmaji, M. S. I, dan Staff berjalan dengan lancar

Agenda pemilihan kepala desa serentak ini berdasarkan regulasi atau aturan yaitu, UUD NO. 6 tahun 2014 Tentang Desa, Permendagri No. 112 tahun 2014 tentang Pilkades dan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor No. 6 tahun 2015 tentang Desa.

Pemilihan Kepala Desa serentak sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bogor nomor 6 tahun 2015 tentang desa dalam pelaksanaan pemilihan kepala Desa serentak dari 483 desa yang tersebar di 40 kecamatan yang ada dikabupaten bogor dibagi menjadi tiga (3) gelombang berdasarkan masa bakti dari masing-masing Desa dan wilayah kecamatan jasinga masuk dalam gelombang ke tiga (3) yang masa baktinya berakhir tahun 2019 bulan april, 2020 bulan Januari dan september.

Berdasarkan masa bakti dari beberapa Desa dikecamatan jasinga kepala Desa yang masa jabatannya berakhir antara bulan April 2019, terdiri dari 10 desa, bulan Januari 2020 sebanyak 4 Desa dan bulan nopember 2020 sebanyak 2 Desa.

Masa bakti Kepala Desa yang berakhir pada bulan April 2019 terdiri dari:

  1. Desa Jasinga
  2. Desa Setu
  3. Desa Cikopomayak
  4. Desa Bagoang
  5. Desa Barengkok
  6. Desa Curug
  7. Desa Koleang
  8. Desa Pangaur
  9. Desa Pangradin
  10. Desa Kalongsawah

Sedangkan empat Desa yang masa baktinya berakhir di bulan Januari 2020 terdiri dari

  1. Desa Wirajaya,
  2. Desa Neglasari,
  3. Desa Pamagersari dan
  4. Desa Tegalwangi.

Dalam agenda Pemilihan Kepala Desa serentak dikecamatan Jasinga ini melalui rapat kordinasi yang dilaksanakan pada hari jum’at 8 pebruari 2019 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jasinga menghasilkan keputusan bahwa.

Bagi kepala desa yang masa baktinya berakhir pada bulan April 2019 dan pada bulan januari 2020 akan dilaksanakan pemilihan kepala desa serentak yaitu pada bulan Nopember 2019.

Dan menurut informasi yang kami terima dari staff kecamatan bahwa Agenda Pelaksanaan PilKades Serentak di Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor sudah mendapat mandat sesuai dengan regulasinya dan tinggal menunggu PerBup (Peraturan Bupati) sebagai dasar pelaksanaan PilKades serentak.

Untuk mempersiapkan segala tahapan kegiatan PilKades serentak itu maka, Camat Jasinga mengintruksikan kepada BPD dan Kepala Desa untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya.

Termasuk membuat jadwal tahapan kegiatan Pilkades dan pada bulan bulan agustus 2019 harus segera dibentuk panitia termasuk Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dipertegas oleh Camat Jasinga Drs. Asep Aer Sukmaji, M. S.i, terkait anggaran biaya Pilkades Serentak smuanya dibebankan pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Bogor dan APBDesa (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa)

Serta jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan RAB (Rencana Anggran Belanja) lengkap yang dibuat oleh panitia.

Anggaran itu sendiri bersumber dari APBD Kab. Bogor menyedikan anggaran sebesar Rp. 15.000 per hak pilih dikalikan dengan jumlah yang pilih yang ada di desa contoh misalkan Desa Jasinga dengan jumlah Hak pilih 4000 maka dikali 15.000.

Namun apabila dari anggaran APBD yang telah ditentukan ternyata tidak mencukupi segala kebutuhan yang sudah di buat yang tertuang dalam RAB, maka sisa kebutuhan anggaran akan dibebankan pada APBDESA..

Menyikapi perihal Anggaran yang bersumber dari APBDESA tentunya harus dipersiapkan sebaik mungkin dan harus disikapi secara cermat agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak ini tidak membebani kepada para Calon Kades.

Pada bulan April tepatnya tanggal 13 april 2019, 10 Desa yang masa jabatannya berakhir sehingga untuk mengisi kekosongan kepala desa yang masa jabatannya berakhir di bulan April tersebut.

Akan dipegang posisi Kades oleh penjabat Pemerintahan berasal dari unsur ASN (Aparatur Sipil Negara) kecamatan. Sampai pada awal atau setelah terpilih dan dilantik Kepala Desa yang baru.

Author: pvsubhansofi

Tinggalkan Balasan