Hal Penting Menghindari Virus Malware Ransomware

Untuk menghindari Virus Malware Ransomware menyusup dalam Sistem Operasi dan sebelum menyebar luas mengunci file-file penting anda, Jika sudah terbencypt akan sangat sulit untuk men-decrypt file penting anda seperti dokumen, foto, database, musik dan yang lainnya, contoh file yang ter-encrypt dokumen.pdf.gusau foto.jpg.gusau dan jika sudah seperti itu akan membuat anda di perasnya untuk membayar tebusan jika ingin mengembalikannya tool tersebut biasanya bervariasi ada $490-ratusan ribu dollar dan hanya si Penjahat Ransomware yang katanya punya alat untuk membuka kunci file anda. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini yang harus di hindari termasuk yang harus anda lakukan.

Instal dan selalu update antivirus atau anti malware.

Meng-instal antivirus sangatlah penting untuk menjaga keamanan sistem dan data file penting agar tidak terinfeksi. selalu update antivirus secara berkala, alangkah lebih baiknya gunakan lebih dari satu jika anda hanya menggunakan Defender bawaan Windows supaya lebih secure gunakan antivirus Malwarebyte.

Hindari megunduh file dari sumber yang tidak terpercaya

Berhati-hati File yang anda unduh dari sumber yang tidak di percaya dari pihak ke tiga seperti mengunduh file dari situs, webblog dan situs forum, lebih baik anda mengunduh file dari provider yang terpercaya.

Dilarang Klik link atau tautan URL mencurigakan

Tidak sembarangan klik tautan dan mengunduh dari email mapun spam email dan tautan dari sosial media yang tidak anda kenal sumbernya.

Membersihkan Cache Dan Cookies pada Peramban atau Browser

Tujuan membersihkan Cache dan Cookies adalah untuk terhindar dari histori penjelajahan, karena virus malware melihat kerentanan dalam browser bisa mencuri data pada sistem komputer anda. Menggunakan security add on pada peramaban seperti Firefox chrome, IE, Edge dan Browser Peramban lainnya merupakan aplikasi yang rentan terhadap celah virus menyusup.

Hindari pengaturan Enable Macro pada MS Office seperti MS Words, MS Excel dan VB Macros lainnya.

Dalam beberapa kasus pengaturan Enable Macro dari MS Words bisa membuka celah virus menyusup karena sangat rentan terhadap keamanan. Disarankan untuk Disable Macros.

Stop Aplikasi Keygen, Crack dan tool peretas lainnya.

Aplikasi dan Software original sangatlah mahal harganya sudah pasti dengan keygen (Key Generator) adalah untuk mendapatkan kunci atau serial number agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak demi software dan aplikasi yang anda inginkan, akan tetapi di balik aplikasi keygen para penjahat ransom menaruh sebuah skrip dan alat perangkat lunak untuk bersarang di sistem sebagai virus trojan yang akhirnya menginfeksi file sistem dan data-data anda, yang kemudian anda mengirim file yang terinfeksi ke teman maupun ke rekan kerja anda.

Selalu berhati-hati dan selektif untuk scanning atau memindai file dengan antivirus dan anti malware. Waspadai jika komputer anda melambat secara tiba-tiba dan muncul pop-up adware (Advertising ware) itu adalah tanda perangkat sistem anda terjangkit virus.

Author: admin

Tinggalkan Balasan