Cek Pajak Kendaraan Online dan Validasi Kendaraan

Di Indonesia cek pajak kendaraan roda 2 roda 3 dan roda 4 sudah bisa online dengan e-Samsat.

e-Samsat ini ada pada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor.

Setiap daerah berbeda-beda fitur dari aplikasi web ataupun aplikasi smartphone seperti android.

Kenapa ada perbedaan e-Samsat dari sistem database kendaraan bermotor setiap daerah, itu karena pajak kendaraan masuk ke pendapatan daerah dan dikelola oleh pemerintah daerah bukan ke pendapatan negara.

Sebab itulah setiap daerah memiliki sistem informasi pajak kendaraan yang berbeda-beda. Berikut ini fitur-fitur aplikasi cek pajak kendaraan di Indonesia setiap daerah:

DKI Jakarta

Diaplikasi android milik Provinsi DKI Jakarta bisa melihat info pajak kendaraan, info pajak PBB, pelayanan PBB dan membuat kode pembayaran pajak.

Untuk warga jakarta bisa mendownload di playstore dengan nama Pajak Online DKI Jakarta.

Adapun untuk cek kendaraan pajak bisa mengunjungi alamat http://samsat-pkb2.jakarta.go.id. kemudian masukan 4 digit angka dan masukan huruf dibelakang angka terus dilanjutkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar pada STNK.

Jawa Barat

Penggunaan e-Samsat di Jawa barat dikenal dengan nama SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) yaitu versi aplikasi android dan tidak ada versi webnya.

Untuk informasi web bisa mengunjungi https://bapenda.jabarprov.go.id/pajak-kendaraan-bermotor/, aplikasi SAMBARA banyak menu selain memudahkan pemilik kendaraan untuk membayar pajak.

Banyak menu di aplikasi SAMBARA seperti info PKB untuk cek validasi data pemilik kendaraan, pembayaran dan bukti bayar, jadwal SAMLING dan SAMDONG serta fitur-fitur lain dan dilengkapi dengan panduan menggunakan aplikasi SAMBARA.

Jawa Tengah

Provinsi JATENG info pajak kendaraan bermotor, pembayaran, bukti bayar bisa melalui aplikasi android dengan nama SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) dilengkapi dengan panduan cara penggunaan aplikasi SAKPOLE.

Adapun yang melalui alamat http://bppd.jatengprov.go.id/info-kendaraan-bermotor/ hanya ada info PKB tidak selengkap yang di aplikasi android SAKPOLE.

Jawa Timur

Aplikasii e smart samsat jatim memiliki fitur selain untuk cek pajak kendaraan diantaranya pengesahan STNK 1 tahun, input kendaraan baru, bea balik nama kendaraan dan yang lainnya.

Cek besaran pajak kendaraan dan cek validasi kendaraan bisa juga melalui web di alamat dberikut ini https://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

Aceh

Aplikasi resmi versi web di alamat http://esamsat.acehprov.go.id bisa cek pajak kendaraan provinsi Aceh.

Riau

Di alamat web Riau cek pajak kendaraan https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

Kepulauan Riau

http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat

Lampung

http://pkb.bapenda.lampungprov.go.id/pkb/

Sulawesi Tengah

http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Sulawesi Utara

Aplikasi Android e Samsat SULUT
http://dispenda.sulutprov.go.id/index.php?page=cekpajak

NTB

Aplikasi Android e Samsat NTB (SAMSAT DELIVERY)
https://bappenda.ntbprov.go.id/InfoPKB

Sumatra Utara

http://bpprd.sumutprov.go.id/e-Samsat/pages/index.php

Pontianak (Kalimantan Barat)

Aplikasi android di playstore Samsat Pontianak

Sumatra Selatan

Aplikasi Android di playstore E-Dempo, samsat online sumatra selatan

Samsat Online Nasional

Dengan adanya kerjasama baru terbentuklah Samsat Online Nasional se-Jawa & Bali dari 7 provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten dan Bali

Dengan kemudahan bagi pemilik kendaraan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimilikinya karena telah bekerja sama dengan bank daerah, bank BUMN, dan juga bank swasta., tapi untuk pengesahan STNK harus ke samsat kendaraan itu terdaftar.

Apakah ada daerah anda yang belum menggunakan e-samsat online, atau sudah ada tapi belum kami tulis dilaman ini.

Author: admin

Tinggalkan Balasan