Buku Permanent Record By Edward Snowden Telah di Rilis

Edward Joseph Snowden (kelahiran 21 Juni 1983) adalah seorang informan Amerika yang mereplikasi dan menumpahkan data yang diatur secara mendalam dari National Security Agency (NSA) pada 2013 ketika ia menjadi pekerja dan subkontraktor Badan Intelijen Pusat (CIA). Pembukaan rahasianya mengungkap berbagai program pengamatan di seluruh dunia, banyak yang terus dijalankan oleh NSA dan Five Eyes Intelligence Alliance dengan partisipasi organisasi transmisi media dan pemerintah Eropa, dan memicu pertukaran sosial tentang keamanan nasional dan perlindungan individu.

Pada 2013, Snowden dipekerjakan oleh kontraktor NSA, Booz Allen Hamilton , setelah sebelumnya bekerja dengan Dell dan CIA. Snowden mengatakan secara bertahap menjadi kecewa dengan program-program yang ia terlibat dan bahwa ia mencoba untuk mengangkat masalah etisnya melalui saluran inward tetapi diabaikan. Pada 20 Mei 2013, Snowden terbang ke Hong Kong setelah meninggalkan pekerjaannya di fasilitas NSA di Hawaii , dan pada awal Juni ia mengungkapkan ribuan dokumen NSA rahasia kepada wartawan Glenn Greenwald , Laura Poitras , dan Ewen MacAskill . Snowden menjadi perhatian internasional setelah cerita berdasarkan materi muncul diThe Guardian dan The Washington Post . Pengungkapan lebih lanjut dilakukan oleh publikasi lain termasuk Der Spiegel dan The New York Times .

Pada ulang tahun Snowden yang ke-30, 21 Juni 2013, Departemen Kehakiman AS mengeluarkan dakwaan terhadap Snowden atas dua tuduhan melanggar Undang-Undang Spionase tahun 1917 dan pencurian properti pemerintah, yang kemudian dilakukan oleh Departemen Luar Negeri mencabut paspornya. Dua hari kemudian, ia terbang ke Moskow ‘s Sheremetyevo Airport , di mana pihak berwenang Rusia mencatat bahwa nya paspor AS telah dibatalkan, dan ia dibatasi untuk terminal bandara selama lebih dari satu bulan. Rusia kemudian memberikan Snowden hak suakadengan visa awal untuk tinggal selama satu tahun, dan perpanjangan berulang telah memungkinkan dia untuk tinggal setidaknya sampai 2020. Pada awal 2016, ia menjadi presiden Freedom of the Press Foundation , sebuah organisasi yang berbasis di San Francisco yang menyatakan tujuannya adalah untuk melindungi jurnalis dari peretasan dan pengawasan pemerintah. Pada 2017 ia menikah dan tinggal di Moskow.

Pada 17 September 2019, memoarnya buku Permanent Record diterbitkan. Pada hari pertama publikasi, Departemen Kehakiman AS mengajukan gugatan perdata terhadap Snowden atas penerbitan memoarnya, menuduh ia telah melanggar perjanjian rahasia yang ditandatangani dengan pemerintah government AS. Mantan correspondent keamanan nasional The Guardian Ewen MacAskill menyebut gugatan perdata sebagai “kesalahan besar”, mencatat bahwa “larangan Spycatcher Inggris 30 tahun lalu menciptakan permintaan besar”. Journal ini terdaftar sebagai no. 1 di daftar buku terlaris Amazon di hari yang sama.

Author: admin

Tinggalkan Balasan