Entri yang Diunggulkan

X431_iDiag Aplikasi Android untuk MenDiagnosa Mobil atau Motor

X431 iDiag adalah aplikasi android untuk mendiagnosis troubleshooter pada mobil yang sudah memliki accu dan sudah injeksi. Aplikasi X4...

Keunikan menjadi santri Pondok Krincing Magelang


Persyaratan masuk pondok Pesantren krincing Pondok Pesantren Krincing ini terletak di Secang desa Krincing, Magelang, Jawa Tengah yang bersebelahan dengan Perum Vila Krincing Permai.

Lokasi yang sangat ramai di lalui oleh kendaraan-kendaraan umum  dan pribadi jalur Yogyakarta-Semarang
Pondok Pesantren ini sangat terkenal di kabupaten magelang, saking populernya di magelang dengan orang menyebutkan pesantren krincing maka orang2 akan langsung tertuju kepada sang tokoh kyai yaitu yg bernama Kyai Muhkisun,  sang kyai ini mewajibkan anak santrinya untuk mengikuti methode wajib khuruj fisabililah (paham dakwah) yang pemahaman ini lahir dari india daoban yang dikenalkan oleh seorang tokoh India bernama  Maulana Yusuf kqndahlawi. Jika di indonesia di kenal sebagai jamaah tabligh, jamaah Khuruj, atau jamaah Jaulah yg masyarakat umum mengenal istilah ini.

Sebetulnya paham methode belajar dakwah ini awalnya untuk kalangan umum, namun saat ini bagi pesantren krincing di jadikan sebagai persyaratan wajib bagi calon santrinya sebelum mereka di terima  masuk sebagi santri pondok pesantren ini .

Bagi jamaah tabligh methode pembelajaran ini di kenal dengan kata Khuruj artinya (Keluar) dan fisabilillah artinya (di jalan Allah).

Jamaah tabligh memiliki metode belajar dalam berdakwah dengan istilah nisab ( masa hitungan) 3 hari setiap bulan, 40 hari setiap tahun dan 4 bulan dalam seumur hidup.

Bagi sang kyai dengan menerapkan  paham krujuk ini maka sang santri akan memahami maksud hidup untuk dakwah, dakwah sampai mati, mati dalam dakwah.

Pemahaman ini kental dan melekat dalam persyaratan wajib masuk pondok pesantren ini.

Bagi calon santri di wajibkan khuruj 4 bulan di Ancol, 4 bulan di Payaman, dan 4 bulan Suluk berpayaman. Mengapa pembagian ini dilakukan, sebab sang kyai memiliki pondok pesantren di Ancol Jakarta dan di Payaman Krincing Secang Magelang yg dikenal dengan istilah berpayaman. Maksudnya  agar calon santri juga menjalankan methode salik dalam pengertian bertasawuf selama 4 bulan.

Sehingga calon santri bisa memulai mengeyam pendidikan pondok setelah melalui masa 1 tahun dalam pembelajaran tersebut.

MRS/

0 komentar:

Post a Comment