Entri yang Diunggulkan

X431_iDiag Aplikasi Android untuk MenDiagnosa Mobil atau Motor

X431 iDiag adalah aplikasi android untuk mendiagnosis troubleshooter pada mobil yang sudah memliki accu dan sudah injeksi. Aplikasi X4...

Nangka Cempedak alias Nangka Beurit Jasinga


Nangka cempedak/campedak dan dalam penyebutan beberapa daerah cempedak biasa disebut nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) atau nangka beurit atau dalam bahasa inggrisnya jackfruit berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat atau jawa barat. Di jawa bagian barat yaitu Jasinga cukup terkenal dengan sebutan nangka beurit ( Nangka = Nangka. Beurit = Tikus) , Sebutan yang lebih familiar di jasinga bahwa nangka beurit adalah nangka dengan ukurannya yang kecil dari mulai ukuran buah dan isinya, sangat berbeda jauh dengan nangka besar. Kemudian dari rasa dan tekstur cempedak lebih manis dan lembut. Aroma hampir mirip nangka tapi lebih menusuk lagi wanginya seperti durian. Dibeberapa daerah Sampai ada peribahasanya :

" Tanam cempedak tumbuh nangka" 

Arti peribahasanya : 

" Mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang diharapkan" atau "Mendapat untung yang lebih besar dari yang telah diperhitungkan sebelumnya"




Cempedak biasa berbuah sekali dalam se-tahun dan tumbuh dihutan dataran rendah, Cempedak biasa ditanam di pekarangan, kebun campuran, sampai ke wanatani kompleks, yang tidak jarang meliar menjadi hutan sekunder. Cempedak juga dapat bersilangan secara alami dengan nangka. tinggi tumbuhan cempedak bisa mencapai 20 meter walaupun rata-rata tingginya  dibelasan meter. Daunnya hijau kaku berbulu kasar menusuk sama seperti buahnya cempedak berduri tapi tidak tajam seperti durian.

Kegunaan dari Cempedak atau Nangka Beurit di Jasinga, selain dari kayunya yang digunakan untuk bangunan rumah. Orang tua dulu di Jasinga memanfaatkan Kulit, batang, buah dan daunnya bisa menjadi obat antimalaria dan tumor. Buah cempedak selain dimakan segar, juga bisa dibuat olahan makanan sepeeri wajik, cimplung dan bijinya dibuat perkedel.

0 komentar:

Post a Comment