Karinding Kalakay Jasinga


Karinding adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang menghasilkan bunyi getaran dari lapisan bambu. Alat musik ini cara memainkannya dengan mulut sehingga bisa menghasilkan bunyi yang khas. Alat musik karinding adalah alat musik tradisional sunda yang selalu terbuat dari bambu akan tetapi ada juga yang membuat dari bahan plastik fiber seperti dari bahan fiber simcard.



Alat musik karinding pada dasar orang tua dulu untuk mengusir hama karena suaranya akan membuat hama tanaman membuat bising dengan frekuensi getaran yang membuat tidak nyaman hama tanaman. Selain dari mengusir hama manfaat alat musik karinding juga untuk ritual atau upacara kebudayaan sunda.

Pada jaman sekarang mungkin ada sebagian orang sunda khususnya tidak tahu alat musik ini. Untuk melestarikan alat musik karinding supaya tidak punah seharusnya ada komunitas/kelompok yang mempelajari dan mengajarinya ke generasi berikutnya.

Di Kecmatan Jasinga bagian Bogor Barat ada sejumlah komunitas yang mempelajari alat musik karinding, nama komunitas ini adalah "Karinding Kalakay Jasinga" komunitas ini adalah anak asuh dari komunitas Kalakay Jasinga yang peduli akan budaya dan sejarah dari JASINGA. Komunitas Kalakay Jasinga yang di Ketuai oleh Kang Wawan menjadikan warga Jasinga bisa lebih mengenal sejarah dan budaya sunda JASINGA.


Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *