kabar-bogor.com – Tim Satuan Reaksi Cepat Badan Informasi Geospasial (SRC-BIG) bekerjasama dengan Aeromodelling Club Kabupaten Bogor, melakukan identifikasi dan pemetaan cepat dampak bencana banjir bandang di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga dengan menggunakan wahana drone, kemarin (16/03/17).
Kordinator Tim SRC-BIG, Dwi Maryanto mengatakan data yang telah diambil dari lokasi kejadian akan diolah dalam bentuk data spasial maupun tabulator. Setelah itu data akan diserahkan ke BPBD atau instansi terkait untuk mendapatkan informasi atau data mengenai dampak dari bencana, bisa dari luasan daerah yang terdampak atau kerugian apa saja yang dialami di daerah tersebut.
“Intinya kita ingin menyadap data-data di lapangan dengan foto udara atau pemetaan cepat ini untuk penanggulangan atau memberikan informasi ke instansi terkait agar ada tindakan selanjutnya,” ujarnya kepada kabar-bogor. Com
Dengan menggunakan drone, lanjut Dwi, nantinya tim akan mengakuisisi data dan dilakukan orientasinya lalu akan diketahui dimana posisi wilayah yang terdampak serta sungai mana yang menyebabkan bencana.
“Data yang masih dalam bentuk foto peta udara akan kita mozaik lalu kita analisis spasial tentunya. Jadi nanti kita bisa membandingkan antara data awal mungkin dengan citra beresolusi tinggi sebelum dan sesudah kejadian. Dari situ kita akan tahu, misalnya yang rusak berapa, yang hanyut atau hilang berapa itu nanti akan ketahuan,” terangnya.
Kaur Umum Desa Kalong Sawah Riki mengungkapkan kedatangan Tim SRC-BIG semoga bisa mengkondisikan bencana yang telah terjadi sehingga jika nanti terjadi bencana serupa bisa ditanggulangi sebelumnya, apa solusinya, dan bagaimana baiknya.
“Misalnya bencana datang hari ini, gimana caranya dan gimana baiknya bisa ditanggulangi masyarakat disini tanpa harus sudah menunda-nunda. Semoga kegiatan hari ini bisa berguna untuk warga di desa Kalong Sawah,” pungkasnya.
Untuk di Kabupaten Bogor kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali, karena sebelumnya Tim SRC lebih banyak bergerak diskala bencana Nasional. Namun pihak SRC-BIG melakukan inisiasi dengan berkordinasi dengan BPBD sekaligus memperkenalkan bahwa di BIG ada tim yang bernama Satuan Reaksi Cepat (SRC). Adapun lokasi yang diambil datanya yaitu Kampung Peteuy, Kampung Pangradin II dan Kampung Kalong Dagul. (albi)
Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *