Entri yang Diunggulkan

Sejarah kecamatan Jasinga

Secara umum, dari tahun 1945-1949, wilayah Jasinga merupakan basis perjuangan yang menjadi front, dan benteng pertahanan bagi daerah keres...

BPBD Kabupaten Bogor Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Jasinga


KABUPATEN BOGOR, (KabarFaktual) - Paska terjadinya banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Cilutung dan Cidurian akibat hujan deras diwilayah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (10/3/17). Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid Ratik) didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Senin (13/3/17) meninjau langsung ke lokasi serta melakukan Assesment dan memberikan bantuan kepada para korban bencana di Desa Kalong Sawah, Pamagersari, Neglasari, Koleang, Jasinga dan Desa Pangradin.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, KM Sumardi, S.Sos, M.Si memaparkan, dari hasil assisment sementara tercatat beberapa data korban terdampak diantaranya di Desa Kalong Sawah sebanyak 21 Kepala keluarga (KK) dengan rincian 13 rumah mengalami rusak berat, 3 rusak sedang dan 5 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Untuk desa Pangradin, korban terdampak sebanyak 30 KK dengan rincian 7 rumah mengalami rusak berat dan 23 lainnya rusak ringan, sedangkan di Desa Jasinga 3 rumah mengalami rusak ringan, serta di Desa Pamagersari 1 rumah rusak berat, 5 rumah rusak ringan dan di Desa Koleang 3 rumah terancam.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, sebelumnya Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD juga telah mendirikan posko di lokasi banjir guna memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan pihak BPBD dalam membantu warga yang terkena bencana," paparnya.

Dalam arahannya, Sumardi juga menyampaikan pesan kepada para korban bencana, bahwa bencana merupakan salah satu takdir dan peringatan dari Allah kepada manusia. "Supaya kita sadar bahwa kita harus menjaga lingkungan dan alam. Sebab, saat ini bencana terjadi karena ulah tangan manusia. Dengan bencana yang terjadi saat ini, kita harus tabah dan bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita. Terlebih bantuan yang diberikan besar kecilnya kita wajib menysukuri," ujarnya.

Dia juga menekankan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor cukup respon terhadap kejadian bencana, khususnya BPBD Kabupaten Bogor. "Sebagai lini terdepan dalam proses penangulangan bencana, kami akan tetap sigap, tangkas, trampil, profesional dan cekatan," tegasnya.

Adapun berberapa bantuan dasar yang diberikan BPBD Kabupaten Bogor kepada para korban bencana antara lain beras, makanan siap saji, terpal, tikar, piring, pakaian, gula dan berbagai kebutuhan lain termasuk perlengkapan bayi. Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Camat, Muspika Kecamatan Jasinga dan beberapa Kepala Desa setempat. (Ibra)






Editor: Tobing


0 komentar:

Posting Komentar