Entri yang Diunggulkan

Sejarah kecamatan Jasinga

Secara umum, dari tahun 1945-1949, wilayah Jasinga merupakan basis perjuangan yang menjadi front, dan benteng pertahanan bagi daerah keres...

Cigudeg siap jadi ibu kota kabupaten bogor barat


Kecamatan Cigudeg yang berada di kawasan Kabupaten Bogor saat ini semakin memantapkan pembangunan kawasannya. Hal ini dikarenakan kecamatan Cigudeg akan menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bogor Barat. Saat ini Cigudeg masih tergabung dalam pemerintahan kabupaten Bogor. Pemekaran daerah ini masih dalam tahap perencanaan dan belum diputuskan kapan akan dilaksanakan.

Informasi ini didapatkan dari staf kantor kecamatan Cigudeg, Leni Surianti. Ia mengatakan desa Cigudeg akan menjadi ibukota pemerintahan pemekaran daerah Tingkat II Kabupaten yang akan deberi nama Kabupaten Bogor Barat.

Rencana pemerintah untuk pemekaran daerah otonomi tingkat ll Kabupaten Bogor Barat disambut positif oleh Kecamatan Cigudeg,karena menurut rencana ibukota pemerintahan akan berpusat di desa Ciguded sendiri. Berdasarkan penelitian, Desa Cigudeg sangat strategis dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Bogor Barat dimasa mendatang tegas Leni Surianti menjelaskan dengan lugas.

“Ada 14 kecamatan yang nantinya masuk kedalam kabupaten Bogor Barat. Kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Dramaga, Nanggung, Leuwiliang, Leuwisadeng, Pamijahan, Cibungbulang, Ciampea, Tenjolaya, Rumpin, Tenjo,Jasinga,Parung Panjang,Suka Jaya,dan Kecamatan Cigudeg sebagai ibukota pemerintahan” Ujar Leni menyebutkan.

Leni menamhkan bahwa para ahli dari Jawa Barat telah meneliti kelayakan didirikannya Kabupaten Bogor Barat yang berpusat di Cigudeg, dimana luasnya lebih kurang 17.000 hektare dan dengan jumlah penduduk sekitar 120.000 jiwa yang tersebar di 15 desa dengan lahan pertanian perbukitan dan pegunungan yang indah. Desa tersebut adalah Argapura ,Bangunjaya, Banyuasih, Banyuresmi, Banyuwangi, Batujajar, Cintamanik, Mekarjaya, Rengasjajar, Sukamaju, Sukaraksa, Tegarlega, Wargajaya dan desa Cigudeg sendiri.

Dilihat dari segi strategisnya,Cigudeg dilintasi oleh jalan lintas daerah yaitu antara Jawa Barat dengan daerah Banten. Tidak hanya itu Cigudeg juga memiliki panorama pegunungan dan perbukitan yang hijau dan indah.

Kelayakan Cigudeg sebagai pusat pemerintahan didukung juga dengan tingkat pendapatan penduduk yang terus meningkat dibidang perdagangan dan pertanian khusunya. Dari segi distribusi hasil pertanian dan perdagangannya daerah ini juga memiliki beberapa pasar tradisional yang sudah besar dengan peluang bisnis yang besar juga bagi warganya. Ditambah lagi banyak warga yang mulai berani berbisnis bengkel kendaraan, toko pakaian dan mini market yang skalanya tidak kalah dengan yang ada diperkotaan. Bisnis ini terlihat disepanjang jalan raya menuju Cigudeg.
Sumber:bogorkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar